• Home
  • Introduction
  • 7 Kapal Perang Canggih Berteknologi Siluman

    Minggu, 10 April 2011

    Sistem Stealth (siluman) pada saat ini bukan hanya dipakai pada pesawat tempur saja. Kapal-kapal perang juga mulai mengadopsi sistem ini karena banyaknya keuntungan dari sistem Stealth. Dengan mengadopsi sistem Stealth, maka kapal akan terhindar dari radar musuh karena sistem Stealth berfungsi untuk meminimalisir hasil tangkapan radar.

    Berikut ini ke-7 kapal perang canggih berteknologi siluman versi Assant Magazine :


    7 : RV Triton


    Tipe :Fregat;
    Panjang 97m;
    Beam 22,5m ;
    Bobot 1.100 ton;
    Kecepatan 20 Knot;
    Jarak Jangkau 3000 Nm;
    Awak 28 orang;
    Persenjataan : Blm diterapkan;

    Cerita fregat generasi maju Inggris tak berhenti sampai Type 23 saja. Walau masih dalam taraf uji coba, Angkatan Laut Kerajaan telah punya ancar-ancar bentuk dan kemampuan kapal perangn masa depannya (FCS-Future Comat Ship). Triton mengadopsi tiga lambung, alias trimaran. Tentu konsep ini tak asal main comot saja. Ada sejumlah kelebihan yang bisa diraih dengan bentuk itu. Kecepatan berlayar misalnya, bisa lebih tinggi 20 persen ketimbang desain lambung konvensional. Demikian pula dengan tingkat stabilitas maupun kapasitas angkut. Sampai saat ini, selain untuk kepentingan militer, Triton juga dipakai sebagai basis pengembangan versi komersial Trimaran.


    6 : Visby


    Tipe : Korvet;
    Panjang 72m;
    Beam 10,4m;
    Draught 2,4m;
    Bobot tempur 600 ton;
    Kecepatan 35 knot;
    Kru : 43 orang;
    Persenjataan : meriam bofors 57/70 Mk III; Rudal SAM BAMSEA; Rudal SAM RBS-15; Heli sekelas A-109;

    Visby, begitulah nama kelas korvet tersukses racikan perusahaan pembuat kapal Kockims asal Swedia. Kategori siluman (Stealth) didapat lantaran kapal mengaplikasi bahan baku jenis baru non-metal. Bagian lambung misalnya, terdiri dari kombinasi lapisan PVC sebagai inti berbalut Carbon-fibre serta laminasi vinyl. Hitungan teknis menyebutkan Visby baru bisa terdeteksi pada jarak 8 km dalam kondisi cuaca buruk. Sementara bila keadaan laut tenang, ilmu menghilang ini melorot hingga ke angka 11 km. Sampai saat ini AL Swedia baru mematok bagi keperluan antiranjau laut dan serang. Untuk urusan senjata, kapal ini bisa saja di bekali dengan rudal SAM RB23 BAMSEA, rudal SSM RBS-15 dan heli sekelas Agusta Westland A-109.


    5 : Type 45 Class


    Tipe : Destroyer
    Mesin : 2 WR-21
    Panjang : 151 m
    Beam : 20 m
    Awak : 190 orang

    Ada dua predikat yang akan dikantongi Type 45 dijajaran AL inggris. Pertama, destroyer berkemampuan pertahanan udara terbesar yang pernah dioperasikan AL inggris dan kedua, kapal perang permukaan terbesar sejak PD II. Soal persenjataan utama, Type 45 dilengkapi versi tercanggih dan mematikan dari PAAMS (Principal Anti Air Missile System) yang dikembangkan bersama oleh Prancis dan Italia. Type 45 akan mengusung dua mesin gas WR-21 dengan intercooler dan recuperator. Kedua mesin dibangun oleh tim gabungan Rolls-Royce dan Northrop Grumman juga Alsthom Power Conversion Ltd.


    4 : DD-21 Zumwalt


    Spesifikasi: Tidak diketahui

    DD Zumwalt Class adalah destroyer yang dirancang khusus untuk melakukan serangan darat. Karena itu DD 21 dilengkapi berbagai persenjataan untuk mendukung pasukan darat dalam misi utamanya. Tak heran banyak pihak mengatakan bahwa DD21 akan menjadi destroyer sejati dengan kemampuan menghadapi berbagai misi sesuai permintaan panglima armada. Seperti halnya destroyer Arleigh Burke, DD21 merupakan kapal multimisi yang akan memberikan dukungan kemampuan tempur hingga mencapai pesisir dan darat. Pemasangan amunisi 5-inch/62 serta howitzer 155 mm yang menjangkau 100 mil hingga pedalaman, dipastikan akan menakutkan bagi lawan di daratan.


    3 : Sea Shadow


    Pembuat : AS
    Tipe : Tecnology demonstrator
    Mesin : Diesel electric
    Kontraktor utama : Lockhead Skunk Works
    Panjang : 164 kaki
    Beam : 68 kaki
    Awak : 10 orang

    Sea Shadow merupakan kapal uji yang dikembangkan secara kelompok oleh Advanced Research Projedt Agency (ARPA), AL AS dan Lockheed martin Skunk Work. Pengembangan mulai dikerjakan pertengahan 1980. Desainnya yang kaku jelas dimaksudkan untuk mengurangi tangkapan radar. Secara visual, Sea Shadow berbentuk seperti 2 pohon yang menyerupai lambung hingga menghasilkan sedikit ombak. Penggunaan mesin diesel elektrik membuatnya nyaris beroperasi tanpa suara.


    2 : Littoral Combat Ship


    Negara : AS
    Tipe : Litoral Combat Ship
    Mesin : -
    Kontraktor utama : -
    Panjang : 40 kaki
    Beam : -

    Littoral Combat Ship merupakan varian kecil dari destroyer masa depan atau DD (X) untuk misi lepas pantai. LCS juga bisa dikatakan sebagai kapal dengan kemampuan DD(X) dan CG(X) alias kapal penjelajah dengan rudal kendali masa depan. Namun LCS, tidak dirancang untuk menggusur tugas kedua jenis kapal. Keunggulan LCS dapat disimak pada bentuk lambunganya yang baru. LCS kabarnya dirancang khusus untuk pertempuran atau misi yang bersifat asimetrik. Tugas utama LCS adalah melumpuhkan kapal-kapal kecil, penyapuan ranjau, dan peperangan antikapal selam di wilayah perairan lepan pantai.


    1 : La Fayette


    Pembuat : Prancis
    Tipe : Stealth fregat
    Mesin : 4 diesel SEMT Pielstick 12PA6V280, 21000 HP (15400 kW)
    Kontraktor utama : DCN
    Panjang : 125 m
    Kecepatan : 25 knot
    Awak : sekitar 60 orang

    Inilah fregat futuristik yang pernah berkunjung ke Indonesia. Frigat multimisi kelas La Fayette dibangun oleh Direction des Constructions Navales (DCN) yg bermarkas di Prancis. Hingga detik ini Arab Saudi, Singapura dan Taiwan tercatat sebagai pengguna. Desain siluman bisa dikenali dari struktur yang sangat “bersih” dibanding kapal perang pada umumnya. Superstruktur dibuat dari bahan komposit kayu (wood) dan fiberglass yang lebih keras dari baja, ringan, tahan api, dan menyerap radar (radar absorbant).


    ------------------||-------------------


    Itulah tadi ke-7 kapal perang canggih berteknologi siluman versi Assant Magazine

    0 komentar:

    Poskan Komentar