• Home
  • Introduction
  • 7 Badan Intelejen Terbesar di Dunia

    Minggu, 17 April 2011

    Intelijen (bahasa Inggris: intelligence) adalah informasi yang dihargai atas ketepatan waktu dan relevansinya, bukan detil dan keakuratannya, berbeda dengan "data", yang berupa informasi yang akurat, atau "fakta" yang merupakan informasi yang telah diverifikasi. Intelijen kadang disebut "data aktif" atau "intelijen aktif", informasi ini biasanya mengenai rencana, keputusan, dan kegiatan suatu pihak, yang penting untuk ditindak-lanjuti atau dianggap berharga dari sudut pandang organisasi pengumpul intelijen. Pada dinas intelijen dan dinas terkait lainnya, intelijen merupakan data aktif, ditambah dengan proses dan hasil dari pengumpulan dan analisa data tersebut, yang terbentuk oleh jaringan yang kohesif. Kata intelijen juga sering digunakan untuk menyebut pelaku pengumpul informasi ini, baik sebuah dinas intelijen maupun seorang agen.

    Berikut ini kami sajikan ke-7 badan intelejen terbesar didunia versi Assant Magazine :


    7 : Mossad - Israel


    Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim (Ibrani: המוסד למודיעין ולתפקידים מיוחדים, "Institut Intelijen dan Operasi Khusus") adalah dinas rahasia Israel dan sering disingkat sebagai Mossad. Operasinya terutama mengawasi bangsa-bangsa dan organisasi Arab di seluruh dunia.

    Mossad merupakan dinas intelijen yang dianggap momok bagi dunia Arab. Sepak terjangnya dalam mengacak-acak sejumlah negeri membuatnya diakui sebagai salah satu dinas intelijen terbaik dan tersukses di dunia. Lembaga ini bertanggung jawab untuk intelijen, misi penyamaran, dan kontra teroris. Mossad juga bertanggung jawab atas pemindahan warga Yahudi keluar dari Suriah, Iran, dan Ethiopia. Agen-agennya aktif dalam pembentukan sejumlah negara komunis di Barat dan PBB. Selengkapnya...


    6 : BND - Jerman


    The Bundesnachrichtendienst's (BND) diciptakan sebelum Perang Dunia II dalam rangka memata-matai Uni Soviet. Hari ini, lembaga ini bertindak sebagai sistem peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah Jerman terhadap ancaman dari luar negeri, bertanggung jawab pada pengawasan, penyadapan dan komunikasi elektronik internasional. Anggaran tahunan BND sangat besar, melebihi 430.000.000 Euro. BND telah terlibat dalam beberapa skandal dalam negeri baru-baru ini, yang berkaitan dengan dugaan penyadapan dan pengawasan para wartawan, dan penggunaan wartawan sebagai mata-mata terhadap wartawan lainnya.

    Pada saat Perang di Irak pada tahun 2003, pemerintah Jerman menolak upaya Presiden Bush untuk menyediakan pasukan untuk koalisi. Salah satu prestasi BND adalah mengungkap isu-isu di Irak tentang Saddam Hussein.


    5 : ISI - Pakistan


    Kinerja lembaga ini sedikit lemah dalam berbagi intelijen baik angkatan laut, angkatan darat maupun angkatan udara. Selama Perang India-Pakistan tahun 1947, Pakistan mendirikan Inter-Services Intelligence (ISI) oleh pemerintah Pakistan pada tahun 1948. Sejak itu, pengaruh fungsi lembaga ini menyusut tidak sesuai dengan keinginan/kekuasaan pemimpin Pakistan. ISI telah secara aktif bekerja sama dengan CIA terlibat dalam kontra-terorisme terhadap gerilyawan paling dikejar-kejar dunia, Al-Qaeda, militan Taliban dan suku/teroris Pakistan. ISI adalah badan yang aktif menipu dan dikenal beroperasi dalam mode "tak terlihat".

    Pada tahun 1980, ISI menyadap komunikasi para pembunuh Presiden Pakistan, Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq, pada acara parade nasional yang akan dilalukan pada beberapa hari kedepan. Komplotan pembunuh presiden itu termasuk pejabat militer berpangkat tinggi, mereka merencanakan untuk meluncurkan kudeta berdarah untuk menggulingkan pemerintah dan menginstal sebuah pemerintahan Islam ekstrim di Pakistan. ISI menangkap mereka sebelum pembunuhan dilaksanakan.


    4 : DGSE - Prancis


    The Direction Générale de la Sécurité Extérieure (DGSE) dibentuk baru-baru ini, menggantikan lembaga yang lebih tua de Dokumentasi Extérieure et de Contre-Espionnage (SDECE) pada tahun 1982, Lembaga ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan data intelijen, pencegahan deteksi dan menemukan kegiatan spionase eksternal. Diarahkan terhadap kepentingan Perancis. Badan ini menyimpan profil data rahasia tingkat rendah.

    The DGSE segera membuktikan keberadaannya pada awal tahun 1980, ketika mereka mengungkapkan jaringan mata-mata Soviet yang memungkinkan Uni Soviet untuk mengumpulkan info penting tentang kemajuan Teknologi Barat tanpa sepengetahuan Badan Intelijen Barat (Amerika). Jaringan mata-mata Uni Soviet (Russia) adalah jaringan yang paling canggih dalam hal teknologi di Eropa dan Amerika Serikat.


    3 : GRU - Rusia


    Ketika seseorang berpikir tentang intelijen Rusia, mungkin mereka tahu biasanya mereka berpikir tentang KGB (Badan Intelegen Russia pada Perang Dunia). Tapi KGB dibubarkan oleh Boris Yeltsin pada tahun 1995, tidak terpengaruh oleh jatuhnya Uni Soviet. GRU ini diciptakan pada tahun 1918 oleh Vladimir Lenin, dan diberi tugas untuk menangani semua intelijen militer. Sejak itu, GRU telah mengambil bagian dalam kegiatan anti-nasionalis yang signifikan di Eropa Timur dan menurut mantan agen, mereka banyak menyusup ke negara-negara besar eropa dan Amerika Serikat. Agen GRU dituduh memiliki hubungan dengan Al-Qaeda.


    2 : MI6 - Inggris


    MI6, yang dikenal juga dengan Dinas Intelijen Rahasia (Secret Intelligence Service, SIS),[1] adalah badan intelijen eksternal Britania Raya. Dinas ini bekerja dibawah arahan Komite Intelijen Gabungan (Joint Intelligence Committee, JIC), dan bekerja sama dengan Dinas Keamanan (Security Service, MI5), Markas Komunikasi Pemerintah (Government Communications Headquarters, GCHQ) dan Staf Intelijen Pertahanan (Defence Intelligence Staff, DIS).

    Sebagai direktur ditunjuklah Mansfield George Smith Cumming, atau yang lebih dikenal dengan “C”. Awalnya, keberadaan dinas rahasia ini benar-benar dirahasiakan dari publik, hanya Perdana Menteri Britania Raya dan pejabat tertentu saja yang tahu. Pemerintah selalu menyangkal keberadaannya, walau dinas rahasia ini selalu menggunakan anggaran negara sebesar £ 70 juta per tahun.

    Prestasi para agen MI6 ini terbilang cemerlang. Sejumlah operasi intelijen kontra Jerman dan Rusia sukses dijalankan pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Terutama pada Perang Dunia I, saat MI6 dipimpin spymaster Mansfield Smith Cumming. Berulangkali mereka berhasil mengalahkan Jerman. Selengkapnya...


    1 : CIA - Amerika Serikat


    Central Intelligence Agency, disingkat CIA ialah dinas rahasia pemerintah Amerika Serikat. Dibentuk pada 18 September 1947 dengan penandatanganan NSA (National Security Act) -- badan keamanan nasional AS -- oleh Presiden Harry S. Truman. Saat itu, yang menjadi orang nomor satu dalam CIA ialah Letnan Jenderal Hoyt S. Vandenberg. NSA sendiri sudah berganti nama menjadi DCI (Director of Centeral Intelligence), yang mengkoordinasi, mengevaluasi, mengkorelasi, dan mengirim para agen CIA termasuk ke luar AS untuk menjaga keamanan nasional. Kini CIA dipimpin oleh Porter J. Goss.

    Pada era Perang Dingin dengan Uni Soviet, tugas-tugas CIA lebih banyak diarahkan pada kontra-intelijen. Kini, CIA juga mulai menangani peredaran narkotika, organisasi kejahatan internasional, perdagangan senjata gelap, dan yang paling hangat ialah kontra-teroris. Yang terakhir ini ialah terutama setelah serangan 11 September 2001 yang menghancurkan gedung World Trade Center.

    CIA membekali para agennya dengan spy-kits, di tangan Direktorat Sains dan Teknologi. Berbagai peralatan canggih yang pernah dipakai CIA pada masa awal kelahirannya sampai era Perang Dingin disimpan di museum CIA di McLean, negara bagian Virginia. Seperti uang sedolar yang bisa menjadi ‘kontainer’ dokumen dan mesin, mesin pemecah kode bernama Enigma yang disetting untuk memberikan 150.000.000.000.000.000.000 jawaban, mikrodot kamera yang hanya bisa dibaca di bawah mikroskop. Itulah sebagian peralatan intelijen yang dipakai antara 1950-1960-an.

    Salah satu operasi CIA yang berhasil ialah menjatuhkan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Ironisnya, putri Soekarno, Megawati Soekarnoputri juga naik menjadi presiden dengan dukungan AS. CIA juga ditengarai selain menggulingkan Soekarno juga berada di belakang pembantaian anggota dan mereka yang dituduh sebagai anggota PKI, terutama di Jawa dan Bali setelah tahun 1965. Selengkapnya...


    ------------------||-------------------


    Itulah tadi ke-7 badan intelejen terbesar didunia versi Assant Magazine. Apakah anda tertarik untuk bergabung bersama mereka? Indonesia juga punya lembaga rahasia seperti CIA, yaitu BIN (Badan Intelegen Nasional) yang para agennya berasal dari anggota Kopassus dan agen khusus yang dilatih oleh TNI.

    Mengumpulkan data Intelijen dan Misi rahasia adalah kegiatan yang berisiko tinggi, dan jangan kira kalau peralatan yang mereka gunakan sama dengan peralatan yang digunakan James Bond. Asal kalian tahu, para agennya hanya bersenjatakan Kartu kredit, pasport, flashdisk dan satu buah senjata rakitan.