• Home
  • Introduction
  • 7 Pesawat Pembom (Bomber) Terbaik di Dunia (Maret 2011)

    Kamis, 24 Maret 2011

    Pesawat pengebom atau biasa dijuluki bomber adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang target-target darat, tugas utamanya ialah menyerang dengan cara menjatuhkan bom dalam jumlah banyak. Bomber memiliki 4 jenis yaitu pesawat pengebom strategis, pesawat pengebom taktis, pesawat serang darat dan pesawat tempur bomber.

    Berikut ini kami sajikan ke-7 pesawat pembom terbaik didunia hingga saat ini (Maret 2011) versi Assant Magazine :


    7 : Boeing B-17 Flying Fortress


    Pada tahun 1937, Boeing Aircraft Company membangun pesawat pembom Amerika pertama yang berbahan full metal. Ditenagai 4 mesin, dialah si legendaries B-17 Flying Fortress. Dilengkapi dengan 13 senapan mesin caliber 50 dipunggungnya, pembom ini mampu menjatuhkan 6.000 pounds bom dari perutnya. Aksi paling spektakuler adalah ketika nyaris 1000 buah B-17 melabrak berbagai posisi jerman di eropa. Serangan ini diakui sebagai salah satu serangan yang merubah peta kekuatan di eropa pada PD II.


    6 : De Havilland Mosquito


    Dijuluki “Wooden Wonder,” Si Nyamuk mungkin pesawat yang paling serbaguna selama Perang Dunia II. Sebagai seorang pembom, Mosquito juga paling cepat, karena bobotnya yang ringan. Dibangun dari kayu hingga pesawat itu hampir tidak terdeteksi radar.

    Selain itu, karena kecepatan yang mengerikan, ia tidak pernah membawa persenjataan defensive. Bahkan kecepatannya mampu menandingi pesawat pemburu/fighter. Dengan beban 2.000 pound (kemudian ditingkatkan hingga 4.000 pon) dan kemampuan untuk terbang dari ketinggian 10 kaki hingga 31.000 kaki, Mosquito sering mendapat jatah membom garis depan musuh.

    Sekedar informasi : pesawat inilah yang dipakai oleh Inggris pada pertempuran 10 November di Surabaya


    5 : Junkers Ju-88


    Dipercaya oleh banyak orang sebagai pembom Jerman yang paling penting salama Perang Dunia II. Ju-88 berada di garis depan pembom Jerman pada 1939 hingga akhir konflik. Desain serbaguna yang memungkinkannya untuk digunakan sebagai pembom maupun pesawat serang/fighter.

    Meskipun lebih berat daripada pesawat Heinkel 111 dan Dornier 17, Junkers adalah pesawat tercepat dari armada pembom Nazi. Pesawat ini sukar ditundukkan oleh pesawat-pesawat pemburu sekutu, selain karena kecepatannya, ia dilengkapi dengan 7 buah senapan mesin disekujur bodinya. Dengan beban angkut mencapai 8.000 pounds, pesawat ini benar-benar amat diandalkan oleh pasukan Hitler.


    4 : Boeing B-47 Stratojet


    Saat B-47 Stratojet pertama mengudara pada tahun 1947, banyak orang antusias dengan desainnya. B-47 menggunakan teknologi sayap menyapu yang diadopsi dari pesawat-pesawat buatan Nazi Jerman, dan juga diilhami oleh motor roda tiga yang tidak biasa. Hal ini menyebabkan banyak orang berpikir itu akan menjadi tidak lebih dari pesawat prototype.

    Namun pada pertengahan 1948, menjadi jelas bagi Angkatan Udara dan Boeing ini ialah pesawat eksekutif yang jauh melebihi segala pesawat dijamannya dengan sayap lurus. Pilot Chuck Yeager dikirim untuk mengikuti B-47 di sebuah jet tempur untuk mengetes kecepatannya.

    Dia disampaikan melalui radio kepada pilot B-47, “Aku tidak bisa mengikuti.” Hari berikutnya, B-47 memecahkan rekor lintas Negara dengan kecepatan rata-rata 609,8 mph. Beberapa tahun setelahnya, ia menjadi pesawat pembom utama bagi Komando Udara Strategis dan akhirnya lebih dari 2.000 B-47 dibangun. B-47 dan suksesornya B-52 kemudian menjadi line-up pesawat pembom nuklir di era perang dingin.


    3 : Boeing B-29 Super Fortress


    B-29 mempunyai jangkauan lebih dari 3.500 mil, dengan ketinggian operasional 31.850 kaki dan kecepatan tertinggi 358 mph. Bisa membawa muatan besar 20.000 pound bom dan dipersenjatai dengan 12 senapan mesin caliber 50 dan meriam kaliber 20-mm.

    Desain pesawat ini sudah sangat maju, menyangkut aerodinamika pesawat, kompartemen para awak bertekanan dan dilengkapi dengan kaca tahan peluru. Digunakan secara ekstensif dalam misi pengeboman konvensional melawan Jepang. Prestasi B-29 yang paling dikenal adalah untuk menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, yang akhirnya menyudahi Perang Dunia II. Selengkapnya...



    2 : B-2 Spirit Stealth Bomber


    Pesawat yang hanya terlihat seperti sayap terbang. B-2 dibuat oleh Northrop Grumman. Dilapisi dengan laminasi komposit khusus dan cat rahasia, B-2 hampir tidak terlihat oleh radar. Ia bahkan sering diidentifikasikan sebagai UFO. Berbasis di AS, dengan mengisi bahan bakar diudara, pesawat ini bisa menjangkau semua bagian dunia tanpa terkecuali. Harganya mencapai 2.2 milyar dollar US.

    Sekedar informasi : Pesawat ini sekarang digunakan oleh pasukan koalisi untuk mengebom wilayah Libya yang diduduki oleh pasukan Presiden Khadafi. Selengkapnya...


    1 : Boeing B-52 Stratofortress


    Ditenagai 8 mesin jet dengan kecepatan maksimum 650 mph, daya jelajah lebih dari 8.000 mil dan kemampuan untuk menjatuhkan bom 70.000 pounds, B-52 adalah bom paling mematikan di dunia. Ini dapat juga membawa senjata nuklir, rudal jelajah dan bom presisi.

    Di samping peran selama Perang Dingin, Pesawat ini juga digunakan untuk mengebom Vietnam Utara. Dalam perang Afghanistan dan Irak , B-52 mengenai berbagai sasaran dengan kerusakan-kerusakan berat. Meskipun dibangun dengan teknologi 1950-an, B-52 kemungkinan masih dinas aktif hingga 2045. Selengkapnya...


    ------------------||-------------------


    Itulah tadi ke-7 pesawat pembom terbaik didunia hingga saat ini (Maret 2011) versi Assant Magazine

    0 komentar:

    Posting Komentar