• Home
  • Introduction
  • 7 Pasukan Elit di Perang Dunia 2

    Minggu, 13 Februari 2011

    Berikut ini adalah pasukan-pasukan elit yang sangat berpengaruh dalam jalannya Perang Dunia II. Pasukan elit ini menjalankan misi-misi khusus yang tidak dapat dilakukan oleh pasukan lain, seperti misalnya misi sabotase, penculikan dan pembunuhan atau infiltrasi. Pasukan elit dibawah ini adalah cikal bakal dari pasukan elit yang terkenal mengerikan pada saat ini. Hanya orang-orang pilihan yang bisa ikut bergabung dengan pasukan ini karena kerasnya latihan yang harus dijalani untuk bergabung dengan pasukan ini.

    Dan langsung saja, berikut ini kami sajikan ke-7 pasukan elit diperang dunia 2 versi Assant Magazine :


    7. U.S. RANGER


    U.S. RANGER (Army Rangers) adalah unit pasukan elit infanteri ringan Amerika Serikat yang mulai dibentuk pada pertengahan 1942. Pasukan ini terutama bertugas melakukan pengintaian dengan bergerak dari suatu tempat ketempat lain (Ranging) untuk mengidentifikasi ancaman dan memperingatkan induk pasukan. Ranger dibentuk sebagai unit gerak cepat dengan melaksanakan misi-misi pengintaian dan spionase.


    6. DECIMA FLOTTIGLIA MAS


    Jika tentara Italia dalam Perang Dunia II dianggap tidak kompeten dan kurang disegani, maka Decima Flottiglia Mezzi d’Assalto adalah sebuah pengecualian. Decima Flottiglia MAS dibentuk pada tahun 1935 dan mulai aktif pada tanggal 24 Feb 1940 – 26 April 1945. MAS merupakan unit pasukan khusus yang terdiri dari manusia-manusia katak Italia dibawah komando Regia Marina (Angkatan Laut Italia) yang dibentuk oleh rezim Fasis Italia. Akronim MAS (Mezzi d’Assalto= kapal tempur) menunjuk pada kapal pembawa torpedo-torpedo boat). Reputasi Decima Flottiglia MAS sebagai pemangsa kapal-kapal sekutu yang sedang berlabuh, baik kapal perang maupun kapal-kapal dagang sipil telah sangat terkenal. Manusia-manusia katak ini dikenal sangat mematikan dengan metode penyerangan dan sabotase yang sangat cerdik. Pengerahan pasukan bawah air ini adalah salah satu seni perang terbaru yang dipelopori Italia.


    5. LONG RANGE DESERT GROUP


    LONG RANGE DESERT GROUP (LRDG) atau sering disebut sebagai Desert Patrol mempunyai misi utama pengintaian digurun pasir, pengumpulan data-data intelijen, dan navigasi serta penunjuk jalan dan jasa transportasi dipadang pasir. Pasukan asal Inggris ini dibentuk pada tanggal 3 Juli 1940. LRDG juga sering menjalankan misi-misi tempur dengan melancarkan serangan tiba-tiba (raid) dalam skala yang cukup besar terhadap posisi tertentu, dan penyergapan (ambush) terhadap konvoi pasukan musuh. Spesialisasi utama LRDG adalah pengintaian dengan kendaraan bermotor (mechanized reconnaissance) dan navigasi gurun. LRDG menjalankan misi dengan kendaraan seperti truk Chevrolet dan Ford buatan Amerika yang dipersenjatai. Berkat peran yg dimainkan oleh LRDG ini, pasukan Sekutu diAfrika Utara dapat mengalahkan sang jenius pemberani Marsekal Erwin Rommel dari Afrika Korps Jerman. Erwin Rommel sendiri mengakui bahwa pasukan yang paling ditakutinya digurun Afrika Utara adalah LRDG Inggris.


    4. SPECIAL AIR SERVICE


    SPECIAL AIR SERVICE (SAS) adalah kesatuan pasukan khusus Inggris yang utama. SAS dibentuk pada tanggal 22 Juli 1941 ketika sedang seru-serunya Perang Dunia ke-2. SAS hampir selalu ambil bagian dalam setiap konflik internasional yang melibatkan Inggris selama dan sesudah Perang Dunia II, termasuk dalam konfrontasi Indonesia-Malaysia pada tahun 1963, perang Malvinas diArgentina dan perang Teluk I dan II. Pada masa sekarang, SAS menjadi model acuan utama bagi pembentukan kesatuan pasukan khusus diberbagai negara, termasuk Indonesia yang memiliki Korps Baret Merah Kopassus dan unit pasukan khusus Amerika ‘Delta Force’. SAS pada mulanya dibentuk untuk melumpuhkan kekuatan pasukan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II dan pada saat sekarang, SAS banyak berperan sebagai kesatuan anti teror. SAS bisa dibilang adalah pasukan elit yang sangat sukses diseluruh dunia karena pada saat tulisan ini dibuat, SAS merupakan pasukan elit nomor 1 didunia.


    3. BRANDENBURG


    BRANDENBURG adalah satuan komando Jerman yang dibentuk selama Perang Dunia II. BRANDENBURG dibentuk pada tahun 1939. Cikal bakal kesatuan ini telah ada sejak Perang Dunia I. Berbeda dengan Waffen-SS, BRANDENBURG tidak memiliki kaitan apapun dengan partai Nazi. Mereka berada langsung dibawah komando Abwehr (Badan Intelijen Angkatan Bersenjata Jerman) dan merupakan satuan komando yang menjalankan misi-misi khusus. Para anggota BRANDENBURG (yang biasa dijuluki BRANDENBURGER) telah beraksi disemua front dalam Perang Dunia II misalnya dalam Blitzkrieg (Perang Kilat) di Polandia, perang di Perancis, Operasi Barbarossa di Rusia, Finlandia, Yunani, Gibraltar (Spanyol), invasi pasukan payung di Pulau Kreta (Operasi Mercury), Semenanjung Balkan, dan bahkan beberapa unit juga dikirim dengan misi penyusupan diIndia, Timur Tengah, Afghanistan, dan Afrika Selatan.

    Dalam masa-masa awal perang, BRANDENBURG mampu menunjukan prestasi yang sangat mengesankan dalam menguasai dan menduduki tempat-tempat vital, seperti jembatan, bunker, jalur kereta api, atau benteng pertahanan sebelum pasukan utama bergerak maju. Unit-unit BRANDENBURG juga terdiri dari orang-orang yang mahir berbahasa asing untuk melakukan misi penyusupan dan penyamaran.

    Selesai perang, para veteran BRANDENBURG banyak yang tidak kembali kepada kehidupan sipil yang damai dan memilih tetap bertugas di kemiliteran. Sebagian besar dari mereka bergabung bersama Legiun Asing Perancis, atau sebagai penasehat militer diberbagai negara. Termasuk diantaranya adalah penasehat militer Presiden Indonesia pertama, SOEKARNO.


    2. FALLSCHIRMJAGER


    Siapa yang tidak kenal dengan FALLSCHIRMJAGER? pasukan elit Jerman dari yang paling elit di Perang Dunia ke-2. Dibentuk pada Juli 1938. FALLSCHIRMJAGER adalah pasukan payung Jerman yang pertama kali dalam sejarah melakukan pendaratan pasukan dengan parasut dari udara dalam skala besar-besaran. Penerjunan pasukan lewat udara dalam pertempuran sebenarnya bukan hal baru. Tetapi FALLSCHIRMJAGER-lah yang mempelopori operasi penerjunan besar-besaran seperti yang dilakukan oleh Jendral Kurt Student untuk merebut Pulau Kreta diLaut Tengah dari tangan Inggris. Bukan itu saja, FALLSCHIRMJAGER juga pernah melakukan aksi yang tidak masuk akal yaitu ketika mereka ditugaskan untuk menguasai Benteng Eben Emael yang sarat dengan penjagaan dan tembakan gencar kearah mereka. Dan tak lupa aksi mereka yang juga membuat heboh, yaitu ketika mereka ditugaskan untuk menyelamatkan Benito Mussolini yang diabadikan oleh puluhan wartawan diseluruh dunia. Tapi itu semua hanya membuatnya diposisi runner-up.


    1. WAFFEN-SS


    Tidak ada kesatuan elit yang lebih populer dalam Perang Dunia II daripada Waffen-SS. Waffen-SS (Waffen-Schutzstaffel = Schutzstaffel Bersenjata) adalah mesin perang Nazi Jerman yang paling menakutkan. Dibentuk pada tahun 1925 dan mulai aktif pada tahun 1939 sampai berakhirnya pada tahun 1945. Komando tertingginya langsung dipegang oleh no. 2 dijajaran petinggi Nazi, Reichsfuhrer Heinrich Himmler. Pasukan elit Hitler yang ditakuti bukan hanya karena memiliki kemampuan tempur yang sangat tinggi. Melainkan juga karena kekejaman mereka dan loyalitas yang tanpa batas dan sangat fanatik kepada ideologi Nazi dan sang Fuhrer Adolf Hitler. Banyak catatan-catatan kejahatan perang yang melibatkan kesatuan Waffen-SS selama Perang Dunia II. Karena loyalitas mereka yang tinggi kepada pemimpin dan semangat bertempur mereka yang sangat tidak mengenal takut demi membela negara mereka, maka pantaslah saya menaruhnya diposisi pertama walaupun mereka dianggap sebagai organisasi yang buruk setelah perang dunia 2 berakhir karena sering membunuh tawanan dan orang-orang Yahudi.

    Mungkin ini ada sedikit catatan, dalam perang pasti ada yang terbunuh karena bukan perang namanya kalau tidak ada yang terbunuh. Waffen-SS terkenal kekejamannya karena dialah yang bertanggung jawab atas kematian 6 juta orang Yahudi (fantastis bohongnya). Saya juga tidak mengerti apakah ini akal-akalan Sekutu untuk menarik perhatian dunia Internasional? karena ada istilah, siapa yang menang perang, dialah yang bebas berkoar-koar karena dialah yang jadi penguasaanya saat ini.


    ------------------||-------------------


    Itulah tadi ke-7 Pasukan Elit di Perang Dunia 2 yang akhirnya melahirkan banyak pasukan elit pada saat ini versi Assant Magazine

    0 komentar:

    Poskan Komentar